Kamis, 16 April 2009

12012 - Mar Maroon

Wah ga kerasa juga ternyata 12012 (baca ichi ni zero ichi ni), salah satu Band Visual Kei favorit gua ini akhirnya merilis album terbarunya yang diberi judul Mar Maroon pada tanggal 11 Maret 2009 kemarin. Band yang dulunya mengusung musik aliran keras dan seneng berteriak-teriak ini sekarang tampil lebih dewasa setelah mereka menekan kontrak dengan Major Label beberapa tahun yang lalu dan album ini adalah album Major mereka yang ke-2. Album ini rilis dalam 2 versi, yang pertama adalah Limited edition dimana pembeli akan mendapatkan bonus DVD dan yang Reguler Edition cuma CD Audio aja.


Mungkin beberapa fans banyak yang kecewa dengan perubahan dari band yang di gawangi oleh Miyawaki Wataru (Voc), sakai Hiroaki (Gtr), Suga Yuusuke (Gtr), Enya Tomoyuki (Bass) dan Kawauchi Tohru (Drum), tapi menurut gua itu sih wajar-wajar aja demi kemajuan band dan perjalanan karir mereka di perindustrian musik Jepang yang emang sangat ketat banget. Tenang aja, di album ini ga ngecewain kok coz di album ini mereka akan membuat para pendengar tercengang dengan aransemen musik yang Waaoowww..beragam!!!

Di dalam album ini mereka punya beberapa singel andalan yang sebelumnya dah mereka rilis seperti Merry Go World, As, Aitai Kara, Taiyou dan Hallelujah.

Album dibuka dengan lagu yang berjudul The World yang hanya berdurasi sekitar 2 menit dan emang cocok sebagai pembuka dengan Whisper ato narasi yah dari si Wataru. Layer yang dipakai buat lagu ini juga ga main-main, banyak banget!!! ada bunyi Belnya juga yang semakin membuat lagu ini pas banget buat ngebuka album baru dan acungan jempol buat sang Drummer atas kerja kerasnya.

Lagu kedua adalah sebuah tembang yang agak kenceng di intronya dan ada sedikit Rap plus DJ juga lhooo berjudul DNA. Nilai buat lagu ini agak kurang buat gua karena cuma keren di bagian intro.

Kita simak lagu ketiga...berjudul As dengan tempo agak cepat membuat gua berpikir "padahal ni singel cocok banget buat ditaro di track nomor 2 tapi kenapa ga di tempatin di sono?". Yah, mungkin mereka punya alasan kenapa singel ini di taro di nomor 3. Musiknya keren!!! Keren banget!!! jadi inget musik-musiknya Luna Sea dulu euy dari intro ampe Reffnya.

Di track nomor 4 yang berjudul Smile Again kita bisa dengerin sedikit solo Bassnya si Tomoyuki di pertengahan lagu ini. lanjut dengan track nomor 5 ini berjudul Merry Go World. Singel yang sangat easy listening buat di dengar dan Mid tempo Rocknya ini membuat gua makin semangat ngejalanin hari-hari yang sepi. (lebay, ga ketemu si Icchi sich)

PSYHC VIRUS membuka track nomor 6 dengan sentuhan Rock yang Jazzy abis!!! Anjriiittt!!! Gua seneng ni ma musik yang begini!!! Suatu saat gua pengen ciptain musik begini buat Fenrir.

Selanjutnya kita disuguhi dengan Singel manis dari 12012 yang berjudul Aitai Kara yang sempet bikin gua cangak pas pertama denger ni lagu. "ini ichi ni??? kok bisa bikin lagu ballad juga yah???". Hebat, si Wataru bisa nyanyi dengan penuh penghayatan disini. Apa doy lagi jatuh cinta yah??? Ato dah punya kabogoh and lagi hot-hotnya??? Lagu ini mengingatkan gua dengan sebuah band yang jago banget bikin lagu ballad yang ngena banget ke hati karena lirik-liriknya yang puitis yaitu Glay. 4 Thumbs Up for you guys!!!

Track 8 berjudul SYSTEM [O] DOWN yang gua rasa dibuat dengan se-detail mungkin musiknya karena menurut gua yang ini agak rumit dan ngebutuhin kekompakan buat dibawain secara live.

Track 9 adalah Track Favorit gua dari jaman ni album belum keluar karena lagu yang berjudul Taiyou ini sempet dirilis dalam bentuk Singel sebelumnya. Easy listening, penuh semangat, Bassline yang kuat dan Drum yang Catchy membuat lagu ini dapet nilai plus lagi dari gua dan coba dah liat PV na yang keren.


Track 10 diberi judul GENERATION dan singel ini ga kalah keren dengan sentuhan musik yang khas banget ma 12012 era Major seperti sekarang ini. Drum yang Catchy patut di acungi jempol dan Melody yang keren membuat kita ajrut-ajrutan walopun si Miyawaki Wataru teh dudul dalam pengucapan Bahasa Inggris na.

Dengan durasi 04:17 ini gua anggep track 11 yang berjudul I DEAL sebagai lagu yang paling bagus aransemen na dari semua lagu yang ada di album ini dengan pemilihan efek untuk petikan dan lead gitarnya yang top banget di tambah sentuhan piano dan beberapa kali ada suara desahan cewek yang melatari lagu ini membuat lagu ini semakin kuat aransemen na. (apa itu suara si Miyawaki yah?)

Wah pendengar, ternyata track 12 yang berjudul Hallelujah ini juga mantebh!!!XD
Sial, gua ga nyangka Ichi ni bisa semantebh ini dalam menciptakan lagu. Intro dimulai dengan petikan yang mengingatkan gua dengan beberapa lagu Dir En Grey yang ada di album Withering To Death. Namun pada akhirnya mah ni lagu larinya ke jalur Ballad Song again. Makin penasaran dah gua liat ni band bawain lagu ini di Live Concertnya.

Terakhir adalah sebuah tembang yang hanya bisa kita dapatkan apabila kita membeli Album yang Regular Edition. Bonus Song ini berjudul Negai dan pas banget buat dijadiin lagu bonus. Sebagai penutup, mungkin banyak yang nanya kenapa ni album berjudul Mar Maroon??? yang gua tau setelah menelusuri beberapa web, akhirnya gua dapetin kalo ternyata album ini ada hubungannya ma seorang Pendeta dari Abad ke-5 yang bernama St. Maroon yang terkenal akan mukjizat dan pengabdiannya kepada Tuhan. Tapi gua belum dapet konfirmasi yang jelas apa maksud sebenarnya judul album Major ke-2 dari 12012 ini...buat yang demen dengan musik penuh warna, bisa di coba ni album. Tapi buat para Headbangers mah ga disaranin buat denger lagu ini kalo ga mau kecewa. Selamat mendengar...


Sumber :

  • anthonysinaga.multiply.com
  • Wikipedia

4 komentar:

  1. wedheeewww!
    daku teh jadi ketularan demen 12012 juga uy
    neh gara2 s kunyun. Oveeeeeeeerrrr!aku akan
    berusaha menaklukkannya!YOSSSHHHHHH!!!!xD

    pingin bwain taiyou yaw...
    lagu itu teh serasa menyambut "matahari" qt yg baru nyooooo :)

    BalasHapus
  2. Taiyou Mantebh!!!
    pengen banget bawain...
    tapi pengen liat menyon mpe bisa bawain Over ah...

    hihihi...
    tau ga Liebe???
    daku malah masukin Pin-pan yg Wake Up ke hape daku!XD

    BalasHapus
  3. hurrraaaaaaaayyy...
    si kunyun kena syndome pin+pan xD

    BalasHapus
  4. hihihi...
    enak juga yah pin-pan teh...
    semangat!!!XD

    BalasHapus